Telephone: +62651 6303 414 Handphone: +628116823232 (Call, SMS, WhatsApp)
http://www.acehguide.com/wp-content/uploads/2016/05/720x90-citilink.png
Tugu Nol KM Sabang

Ke Sabang, Wajib Kunjungi Tempat ini

Sudah pernah ke Sabang? Sudah kenal Sabang? Jika dua pertanyaan ini kamu jangan dengan kata “tidak” maka kamu harus baca tulisan kecil di bawah ini, kenapa? Karna jika kamu mau ke Sabang tentunya kamu harus kenal dan tahu setidaknya sedikit tentang Sabang. Di sini kita akan coba membahas beberapa tepat wisata yang sungguh terlalu populer dan wajib kamu masukkan ke list tempat wisata  kamu kunjungi. Ayo ke bawah…!!!

Bentu Tugu NOL KM Indonesia sebelum di rehab. Foto: goole

Bentu Tugu NOL KM Indonesia sebelum di rehab. Foto: goole

Tugu 0 KM Indonesia
First… Tugu Kilometer Nol RI,  atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol,  merupakan penanda geografis yang mana kamu harus tahu bahwa disinilah Indonesia kita ini dimulai. Di Indonesia hampir seluruh wilayah memiliki monumen yang berharga, pun pulau Sabang dengan tugu Nol Kilometer nya yang akan sangat megah nantinya.  Kenapa nantinya? Baca aja terus dulu.

tugu-nol-kilometer-sabang-14

Tugu bersejarah ini di resmkan pada tanggal 9 september 1997 oleh Bapak Try Sutrisno yang merupakan wakil presiden republik Indonesia saat itu.

Kawasan yang berada di area Hutan Wisata Sabang, Desa Iboih, Ujong Ba’u, Kecamatan Suka Karya, hanya berjarak 30 Km dari pusat Kota Sabang dan hanya memerlukan waktu 55 menit untuk menuju daerah ini sembari menelusuri keindahan lainnya di Pulau Dewa ini.

Dulu, Tugu Kilometer Nol adalah sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Hampir seluruh bagian dari tugu dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Puncak tugu ini terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya. Di lantai pertama monumen terdapat sebuah pilar bulat dan terdapat prasasti dan disinilah Bapak Try Sutrisno Bapak presiden kita terdahulu membubuhkan tanda tangan beliau.

Tugu Nol KMIndonesia tetap di kunjungi oleh wisatawan meski masih dalam proses rehabilitasi. Foto: acehguide.com

Tugu Nol KMIndonesia tetap di kunjungi oleh wisatawan meski masih dalam proses rehabilitasi. Foto: acehguide.com

Sekarang, tugu yang duluya sangat megah ini akan bertambah lebih megah lagi nantinya, sebab sekarang pemerintah Kota Sabang sedang merehab tugu ini untuk menjadi lebih sempurna dalam bentuk dan juga nilai-nilai lainnya yang diharapkan nantinya menjadi nilai jual lebih dalam dunia pariwisata Kota Sabang khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Tugu Nol KM Indonesia yang masih dalam proses rehabilitasi. Foto : www.acehguide.com

Tugu Nol KM Indonesia yang masih dalam proses rehabilitasi. Foto : www.acehguide.com

Rehabilitasi dari Tugu Nol Kilometer Indonesia ini telah di mulai sejak tahun 2015 dan pengerjaannya masih dilakukan hingga saat ini, dalam perencanaan rehabilitasi ini pemerintah tidak tanggung melakukannya. Tidak tanggug-tanggungnya dapat di buktikan lansung saat kamu sudah menginjakkan kaki di tempat ini. So.. kesinilah…!!!

http://www.acehguide.com/wp-content/uploads/2016/05/720x90-citilink-1.png

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: